Bom Palsu di Parkiran Nagoya Hill Gegerkan Pengunjung

BATAM — Sebuah bungkusan berwarna putih mengagetkan security mal Nagoya Hill, Minggu (10/1/2015). Siang itu, ia sedang memantau parkiran motor yang ada di basement dan tak sengaja melihat bungkusan mencurigakan.

Bungkusan itu terletak begitu saja dekat tong sampah yang ada di ujung basement. Dari dalam bungkusan itu, menjulur keluar potongan-potongan kabel.

“Saya curiga itu bom,” kata pria yang enggan menyebutkan namanya itu.

Ia lalu memberitahukan penemuan bungkusan mencurigakan itu kepada rekannya. Kecurigaannya bertambah saat mendekatkan detektor logam dekat bungkusan, detektor berbunyi.

Khawatir, ia lalu melaporkan penemuan itu kepada manajemen mal. Pihak manajemen kemudian meneruskan laporan itu ke Polsek Lubukbaja.

Penemuan bungkusan mencurigakan itu menggegerkan pengunjung mal saat akan memarkirkan motornya. Tak sedikit pengunjung yang telah parkir sebelumnya, memindahkan motor menjauhi lokasi penemuan bungkusan mencurigakan tersebut.

Tak berapa lama, Tim Gegana Satbrimob Polda Kepri datang ke lokasi. Garis polisi dipasang mulai dari pintu masuk parkiran motor hingga lokasi kejadian. Beberapa pengendara yang akan memarkirkan motornya diminta keluar lagi, parkir di lokasi yang lain.

Polisi lalu mendekati bungkusan mencurigakan itu. Begitu diperiksa, ternyata bungkusan diduga bom itu hanya berisi sampah barang elektronik dan bekas guntingan kabel.

Setelah memastikan tak ada yang membahayakan, polisi lalu membuka kembali garis polisi dan menenangkan para pengunjung mal.

“Prosedurnya memang begitu, kalau ada benda mencurigakan, langsung lapor polisi. Benda mencurigakan itu bukan bom, hanya sampah,” ungkap Kapolsek Lubukbaja, Kompol I Dewa Nyoman.