Paripurna DPRD Kepri

DPRD Kepri Umumkan Gubernur Sani Berhalangan Tetap

TANJUNGPINANG — Paripurna DPRD Provinsi Kepri, Senin (18/4/2016) mengumumkan pemberhentian Muhammad Sani sebagai gubernur karena berhalangan tetap. Pengumuman yang tertuang dalam Surat Keputusan No.2/160/Peng/IV/2016 itu dibacakan Wakil Ketua III DPRD Kepri Amir Hakim Siregar.

Paripurna itu merupakan bagian dari proses penggantian Sani yang meninggal dunia pada Jumat (8/4) di Jakarta, agar tidak terjadi kekosongan pemimpin di Kepri. Pengumuman wajib dilakukan DPRD dan diatur dalam Pasal 79 ayat (1) UU 23/2014 tentang Pemerintah Daerah.

“Berdasarkan kutipan akta kematian yang diterbitkan Disdukcapil Tanjungpinang pada 11 April 2016, menerangkan Muhammad Sani telah meninggal dunia. DPRD wajib mengumumkan bahwa Sani telah berhalangan tetap, sehingga diberhentikan dengan hormat dari kedudukannya sebagai Gubernur Kepri periode 2016-2021,” ujarnya.

Hadir dalam paripurna itu, Wakil Gubernur Kepri Nurdin Basirun yang telah ditunjuk sebagai Plt Gubernur Kepri oleh Mendagri. Usai pengumuman, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak meminta Sekretaris DPRD Kepri untuk segera menyampaikan hasil paripurna kepada Presiden melalui Mendagri. Jumaga menilai Sani merupakan figur ang telah memberikan pondasi pembangunan bagi Kepri.

“Kami mengapresiasi setinggi-tingginya atas apa yang sudah beliau perbuat bagi Kepri,” ujarnya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *