Hari Ibu, Ikawati BPN Tanam 26 Ribu Mangrove

BATAM РIstri karyawan dan karyawati (Ikawati) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI akan melakukan penanaman 26 ribu bibit mangrove di Kampung Tua Teluk Lengung, Nongsa, Batam. Penanaman bibit mangrove rencananya akan dipimpin Mufidah Kalla, istri Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Hanifah Husein, istri Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan. Selain itu juga akan hadir menteri-menteri wanita dan para istri menteri Kabinet Kerja.

“Kegiatan akan dilaksanakan 17 Desember dalam rangka memperingati Hari Ibu secara nasional yang dipusatkan di Batam,” ujar Kepala BPN Batam Iria Darmaja, Kamis (10/12/2015).

Menurut Iria, penanaman bibit mangrove ini sebagai bentuk kepedulian Ikawati BPN terhadap kelestarian lingkungan. Ikawati juga ingin ikut ambil bagian dalam memperbaiki kerusakan lingkungan, terutama di wilayah-wilayah pantai yang ada di kepulauan. Mangrove dipilih karena memiliki banyak manfaat, di antaranya mencegah abrasi, melindungi ekosistem laut, dan peresapan air laut ke daratan.

Penanaman bibit mangrove tersebut akan diikuti dengan memberikan pelatihan pengelolaan mangrove menjadi nilai ekonomi kepada masyarakat Teluk Lengung dan sekitarnya. Dengan adanya manfaat ekonomi tersebut, diharapkan dapat mendorong kesadaran masyarakat untuk memelihara mangrove dan menjaga lingkungan dari kerusakan.

“Kami tidak hanya menanam, namun akan ada program lanjutan untuk pembinaan masyarakat tempatan agar tumbuh kesadaran memelihara mangrove,” katanya.

Ikut ambil dalam kegiatan tersebut adalah PT Pertamina dan Koperasi Sang Ibu. PT Pertamina membantu 20 ribu bibit mangrove yang didatangkan dari hutan mangrove Teluk Naga, Tangerang, Banten. Sedangkan Koperasi Sang Ibu membantu 6.000 bibit mangrove.

“Bantuan bibit mangrove ini merupakan bentuk kepedulian Pertamina terhadap kelestarian lingkungan melalui CSR (Corporate Social Responsibility),” kata Perwakilan PT Pertamina Kepri Dedy Surpiyadi.

Selain penanaman bibit mangrove, peringatan Hari Ibu Ikawati BPN RI juga akan dirangkai dengan beragam kegiatan sosial. Di antaranya pendidikan dan latihan Pendidikan Anak Usia Dini se-Kepri, pemeriksaan kesehatan (IVA Test bagi perempuan), serta pameran hasil kreativitas ibu koperasi dan usaha kecil menengah (UKM). Sementara untuk memeriahkan acara, akan dihadirkan grup band J-Rock.