Ketua KAHMI Kepri Surya Makmur Nasution dan Presidium KAHMI Aman di Sekretariat HMI Cabang Batam.

HMI Batam Kasuskan Pernyataan Saut Situmorang ke Ranah Hukum

BATAM¬†— Kecaman terhadap Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang yang mengaitkan alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dengan tindakan korupsi terus meluas. Pengurus HMI dan Korps Alumni HMI (KAHMI) di berbagai daerah bereaksi, begitupun di Batam dan Provinsi Kepri.

Ketua Umum HMI Cabang Batam Supriyadi mengungkapkan rencana demo pada Senin (9/5/2016), menyikapi pernyataan Saut tersebut. Pernyataan itu dinilai sangat tendensius, merugikan, dan mendiskreditkan HMI. Terlebih pernyataan itu dilontarkan di depan media massa, dalam sebuah acara di stasiun televisi swasta.

“Kami akan turun aksi dan melaporkan pernyataan Saut Situmorang kepada Polresta Barelang, karena menyangkut marwah organisasi dan seluruh kader HMI. Laporan itu akan kami teruskan kepada Komisi I DPRD Batam yang membidangi hukum, agar dapat ditindaklanjuti dan dikawal bersama,” katanya usai rapat bersama Presidium KAHMI Batam Aman dan Akhirman serta Ketua KAHMI Kepri Surya Makmur Nasution di Sekretariat HMI Cabang Batam di Ruko Seipanas, Sabtu (7/5/2016).

Kecaman yang sama juga dinyatakan pengurus HMI dan KAHMI di berbagai daerah di Indonesia. Kecaman terhadap Saut juga membanjiri media sosial seperti Facebook dan Twitter. Di Twitter, tagar #SautPelindungKoruptor pun menjadi trending topik hingga Sabtu (7/5/2016) pagi.

Demikian juga Pengurus Besar HMI, juga mengecam pernyataan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang.

“Kami mengecam keras pernyataan tersebut dan kami menganggap bahwa pernyataan tersebut tidak pantas disampaikan oleh seorang pimpinan KPK,” ucap Ketua Umum PB HMI Mulyadi P. Tamsir.

Mulyadi memaparkan, sejarah besar bangsa Indonesia tidak terlepas dari peran HMI. Sejak kelahirannya pada tanggal 5 Februari 1947, HMI sudah menyatakan sikap untuk memegang teguh komitmen keumatan dan kebangsaan. HMI selalu hadir pada setiap perjalanan bangsa Indonesia mulai dari mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, melawan PKI hingga tumbuhnya orde baru, serta lahirnya reformasi.

Kontribusi HMI terhadap Bangsa Indonesia tidak hanya dengan gerakan-gerakan ekstra parlementer, namun juga memberikan pengabdian terhadap pembangunan bangsa Indonesia dengan mendistribusikan kader-kader terbaiknya untuk memberikan pengabdian pada seluruh bidang pengabdian, baik di dunia sosial, akademisi, birokrat, teknokrat, praktisi, maupun politisi.

“Sangat disayangkan jika ada seorang pejabat publik, salah satu pimpinan KPK yakni Saut Situmorang yang tidak mengerti sejarah panjang perjalanan dan pengabdian HMI terhadap pembangunan bangsa Indonesia. Untuk itu, sebaiknya Saut Situmorang kembali belajar tentang sejarah republik Indonesia dan sejarah pergerakan kemahasiswaan dan pemuda,” katanya.

Menurutnya, penyataan Saut sangat tendensius dan merugikan serta mendiskreditkan HMI. Terlebih pernyataan itu dilontarkan di depan media massa. Dia pun meminta dewan penasihat dan komite etik KPK mempertimbangkan kembali kelayakan Saut sebagai pimpinan lembaga antikorupsi.

“Untuk itu kami meminta Dewan Penasehat, Komite Etik KPK, dan Komisi III DPR RI untuk meninjau kembali kelayakan dan integritas Saut Situmorang sebagai pimpinan KPK,” kata Mulyadi.

KPK menanggapi kecaman dari PB HMI terhadap Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. KPK berharap PB HMI dapat tetap meyikapi masalah ini secara dingin.

“Mari kita duduk satu meja mendiskusikan masalah ini dengan kepala dingin. Kami yakin tidak ada maksud pak Saut untuk mendeskreditkan HMI,” kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha, Sabtu (7/5/2016).

Priharsa berharap HMI bisa tenang menyikapi persoalan ini. KPK, kata Priharsa, menghormati HMI sebagai salah satu organisasi yang besar dan telah banyak bersumbangsih bagi bangsa.

“Termasuk dalam konteks pemberantasan korupsi. Dalam beberapa kesempatan, KPK dan HMI juga pernah berkolaborasi dalam kegiatan antikorupsi,” tambah Priharsa. (eki)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *