Pedagang Bongkar Sendiri Kios di Atas Drainase

BATAM — Kios-kios pinggir jalan di Simpang Perumahan GMP, Kelurahan Duriangkang dibongkar dalam rangka normalisasi drainase. Pembongkaran dilakukan sendiri oleh pemilik kios, dibantu petugas Satpol PP yang diturunkan Kecamatan Seibeduk, Rabu 15 November 2017.

Selama ini kawasan tersebut menjadi langganan banjir setiap turun hujan deras. Arus air terhambat akibat banyaknya bangunan kios semi permanen yang dibangun di sekitar drainase.

Selain itu, keberadaan kios-kios ini juga menghalangi jarak pandang kendaraan, sehingga sering memicu macet. Peralatan berat yang akan melakukan normalisasi tidak bisa menjangkau drainase, karena jalur tertutup bangunan kios.

Pantauan solusihukum.com di lokasi, pedagang kaki lima yang berada di Simpang GMP terlihat membongkar kios masing-masing. Satu persatu mereka mengemasi barang-barang yang masih bisa dipakai.

“Lebih baik dibongkar sendiri , nanti pasti ada yang masih bisa dipakai. Kalau dibongkar Satpol PP, barang – barangnya akan rusak dan tidak bisa dipakai,” kata seorang pedagang.

Manto, warga GMP mengaku senang dengan dibongkarnya kios liar tersebut. Karena keberadaan kios itu sering memicu macet dan sangat mengganggu pengguna jalan. (adi)