Perkuat Legalitas, Kepengurusan KNPI Karimun, Lingga, dan Anambas Diperpanjang

BATAM – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Kepri memperpanjang Surat Keputusan (SK) Kepengurusan DPD KNPI Karimun, Lingga, dan Anambas selama enam bulan. Mereka diintruksikan menggelar konsolidasi dan musyawarah kabupaten/kota secepatnya.

“Ini merupakan hasil rapat koordinasi beberapa waktu lalu di Hotel Harmoni One,” ungkap Ketua DPD KNPI Kepri Banjar Ahmad didampingi Sekretaris DPD KNPI Kepri Andi S Mukhtar di Batam Centre, Minggu, 29 Mei 2016.

Sebagaimana diketahui, kecuali Kota Batam, masa berlaku SK Kepengurusan DPD KNPI kabupaten/kota di Kepri sudah habis. Menurut Banjar, keputusan memperpanjang SK kepengurusan itu merupakan upaya untuk menggerakkan roda organisasi. Sehingga pengurus KNPI di kabupaten/kota memiliki legitimasi untuk melakukan proses konsolidasi dan regenerasi organisasi.

“Ya, kita harapkan selepas lebaran lah, teman-teman sudah bisa musda di tiga daerah tadi. Untuk Karimun kita perpanjang SK April Zal, DPD KNPI Lingga Erwan, dan Anambas Edi Jakfar, ” kata Banjar.

Andi Mukhtar mengingatkan agar pengurus KNPI yang diberikan amanah menjaga komitmen untuk segera menggelar konsolidasi dan musyawarah kabupaten. Ia juga meminta seluruh pengurus DPD KNPI Kepri di kabupaten/kota untuk meningkatkan komunikasi.

“Jadi, kalau ada kendala dalam proses tadi, cepat-cepat dikomunikasikan. Biar DPD KNPI Kepri bisa mengambil langkah-langkah strategis untuk menyelesaikannya,” katanya.

Ketua DPD KNPI Karimun, April Zal mengaku siap menjalankan amanah organisasi. Sebagai langkah awal konsolidasi, pihaknya akan mengeluarkan SK KNPI kecamatan di Karimun.

“Sekarang sudah 12 kecamatan di Karimun, dulu hanya sembilan. Jadi selain memperbaharui SK KNPI kecamatan yang pernah ada, kita juga akan mengeluarkan SK KNPI kecamatan yang baru. Setelah itu baru muskab,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua DPD KNPI Lingga Erwan. Katanya, pihaknya sesegera mungkin berkonsolidasi dan memverfikasi peserta muskab nantinya.

“Kami rencananya akan menggelar muskab sekaligus Fun Bike bulan September mendatang. Doakan saja,” harapnya.

Ketua DPD KNPI Anambas menyatakan, SK perpanjangan ini sudah lama ditunggu-tunggu. Agar proses regenerasi dan kaderisasi di KNPI Anambas berjalan dengan semestinya.

“Kalau jadwal musda, saya akan usahakan secepatnya. Waktunya masih disesuaikan dengan jadwal kapal, biar DPD KNPI Kepri bisa membukanya. Untuk tempat kita usahakan di Jemaja,” kata Edi. (wan)