Petugas Hang Nadim Gagalkan Penyelundupan 1,7 Kg Sabu

BATAM — Petugas Avsec dan Polsek Bandara Internasional Hang Nadim Batam menggagalkan penyelundupan 1,7 kilogram sabu yang akan diterbangkan ke Surabaya, Rabu 13 Desember 2017 sekira pukul 18.00. Selain itu petugas juga mengamankan dua pelaku, Fadli (35) dan Yud Fauzi (44).

Informasi yang dihimpun, rencananya kedua pelaku akan terbang ke Surabaya bersama Lion Air dengan nomor penerbangan JT948 pukul 18.20. Namun kedua pelaku gagal berangkat, karena keburu ditangkap petugas.

Awalnya petugas mengamankan Fadli, karena melihat ada kejanggalan pada tas ransel yang dibawanya saat melewati X-Ray. Saat diperiksa, petugas mendapati enam bungkus serbuk kasar putih yang diduga 827 gram sabu dan uang Rp4.160.000. Pria asal Bima itu kemudian digelandang ke kantor Avsek.

Petugas kemudian melakukan pengembangan dan akhirnya berhasil mengamankan Fauzi saat sudah duduk di ruang tunggu Gate 7 Hang Nadim. Ketika diamankan, tas ransel yang dibawa warga asal Sumbawa itu diletakkan di seberang tempat duduknya untuk mengelabui petugas. Dari pemeriksaan petugas ditemukan 881 gram yang diduga sabu dan uang Rp307.000.

Kejadian tersebut sempat mendapat perhatian Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri, dan Kapolresta Barelang Kombes Hengki. Setelah diserahterimakan oleh petugas Avsek dan Kapolsek, kedua pelaku lalu dibawa ke Polda Kepri. (hms)