loading...
Raja Usman Kecewa Gagal Maju Lewat Parpol | We Give The Real Solutions

Raja Usman Kecewa Gagal Maju Lewat Parpol

JAKARTA — Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun nomor urut 3, Raja Usman Azis-Zulkhainen mengungkapkan alasannya mengajukan permohonan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Melalui Kuasa Hukum Nursyam Nurlan, menyebutkan hal yang paling mengusik harga diri pemohon karena merasa kecewa dan dihalangi pasangan calon nomour urut 1 yang melarang delapan partai politik mencalonkan pemohon menjadi kandidat Bupati.

“Pemohon akhirnya mengajukan diri menjadi Calon Bupati lewat jalur independen,” ungkap Nursyam dalam sidang pemeriksaan pendahuluan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Kepala Daerah di ruang sidang panel MK, Jakarta, Jumat (8/1/2015).

Perkara gugatan Raja Usman-Zulkhainen terdaftar di MK dengan dengan nomor perkara 44/PHP.BUP-XIV/2016.

Sebelumnya Raja Usman selalu merahasiakan terkait materi gugatannya ke MK. Ia mengaku keputusannya mengajukan gugatan ke MK bukan soal kalah menang, tetapi kejujuran dalam penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Karimun 2015.

“Bukan kami tidak siap kalah, tapi kami ingin pilkada berlangsung penuh dengan kejujuran. Inilah dasar kami mengajukan gugatan ke MK,” katanya..

Raja Usman juga menengarai adanya kecurangan yang cukup masif dalam penyelenggaraan Pilbup Karimun 2015. Indikasinya, besarnya golput atau pemilih yang tidak menggunakan hak pilih, karena tidak menerima surat undangan memilih.

“Banyak pemilih tidak mencoblos gara-gara tidak menerima surat undangan untuk datang ke TPS,” kata mantan Asisten Tata Pemerintahan Setkab Karimun itu.

Saat mendaftarkan ke KPU Kabupaten Karimun, pasangan Raja Usman Azis-Zulkhainen mengantongi sekira 27 ribu dukungan warga. Sementara berdasarkan rekapitulasi suara KPU Karimun pada 17 Desember 2015, pasangan ini hanya memperoleh 14.341 suara.

Sementara pasangan nomor urut 1 Aunur Rafiq-Anwar Hasyim meraih suara terbanyak dengan 70.425 suara. Sedangkan pasangan nomor urut 2 Agusriono-Ahmad Darwis memperoleh 5.062 suara. (R01)