Ratusan Kios Liar Centre Park Dibongkar

BATAM – Pemko Batam akhirnya mewujudkan janjinya untuk merobohkan ratusan kios liar di kawasan industri Centre Park, Batam Centre pada minggu ini. Rabu, (11/5/2016), 300 personel gabungan tim terpadu yang terdiri dari polisi, TNI, Satpol PP, Ditpam BP Batam, dan petugas kecamatan membongkar kios-kios liar di pinggir jalan itu.

Kepala Satpol PP Batam Hendri mengatakan, di kawasan itu berdiri sekitar 130 kios. Sebelum ditertibkan, para pemilik dan penghuni kios sudah melayangkan surat peringatan. Penertiban kawasan ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan tim terpadu, setelah menertibkan kios liar di kawasan bundaran Tropicana dan Simpang Frangky Batam Centre.

“Ini adalah kawasan bufferzone. Sesuai prosedur, kami telah memberikan surat peringatan ketiga kepada seluruh pemilik kios. Sebagian sudah membongkar sendiri kiosnya,” kata Hendri.

Pemko Batam sendiri bertekad membersihkan kios-kios liar di sepanjang jalan yang didirikan tanpa izin. Menurut Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad, sejumlah lokasi kios liar menjadi target penertiban, namun waktu pastinya masih dirahasiakan. Diakuinya, sejak penertiban di beberapa tempat dilakukan, banyak pemilik kios atau pedagang meminta pemerintah mengurungkan niat untuk meneruskan pembongkaran.

“Permintaan itu tidak akan dituruti, mengingat keberadaan kios sudah berdiri pada tempatnya,” katanya.

Sementara seorang warga Batam, Herman mengapresiasi pembongkaran kios-kios liar di Batam. Sebab selain mengganggu ketertiban dan keindahan kota, keberadaan kios-kios liar ini sering memicu kemacetan, benturan dengan masyarakat, dan berkurangnya daerah resapan air.

“Masih banyak kios-kios liar di Batam yang perlu dibongkar, seperti di kawasan perumahan Centre Park atau Eden Park Batam Centre dan kios liar di depan Rusun Anggrek Tanjungpiayu, Kelurahan Duriangkang, Kecamatan Seibeduk,” katanya. (eki)