loading...
Ratusan Sopir Taksi Online Batam Demo Wali Kota | We Give The Real Solutions

Ratusan Sopir Taksi Online Batam Demo Wali Kota

BATAM — Ratusan sopir taksi yang tergabung dalam Asosiasi Driver Online (ADO) Kota Batam dan ojek online menggelar aksi demo di Kantor Wali Kota Batam dan Gedung DPRD Batam, Selasa 16 Januari 2018. Mereka menuntut keadilan tanpa ada diskriminasi antar sesama sopir taksi di Batam.

“Kami bekerja untuk menghidupi anak dan istri. Di daerah lain taksi online sudah disahkan, di Batam justru belum. Siapa di balik semua ini?” protes Supandi, Ketua ADO Batam.

Aksi demo ini juga dilakukan sebagai buntut dari kekerasan dan intimidasi yang masih terus dialami sopir taksi online. Kekerasan dan intimidasi itu tak jarang berakhir dengan rusaknya kendaraan dan serangan fisik kepada sopir taksi online.

Dalam aksi tersebut, Supandi juga mendesak pembatalan kesepakatan bersama terkait penghentian operasional kendaraan online. Kesepakatan itu dilakukan pada 31 Oktober 2017 antara Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, DPRD Kota Batam, dan kepolisian terkait.

“Kami juga meminta Pemko Batam dan penegak hukum bersikap adil dan memberikan rasa aman bagi semua sopir, termasuk driver online dalam menjalankan usahanya,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam Yusfa Hendri kembali menegaskan bahwa sesuai Permenhub 108 Tahun 2017 yang berlaku mulai 1 November 2017, maka semua angkutan harus mempunyai izin, termasuk taksi online. Dia mendorong pelaku kendaraan online untuk menaati aturan tersebut dan segera mengurus izin yang diperlukan.

“Selagi punya izin, kami akan dukung,” katanya.