loading...
Transaksi Bansos Bebas Potongan Bank | We Give The Real Solutions

Transaksi Bansos Bebas Potongan Bank

BATAM — Bank Indonesia menekankan bahwa tidak ada potongan bank untuk transaksi bantuan sosial pemerintah. Kepala Kantor Perwakilan BI Kepulauan Riau, Gusti Raizal Eka Putra mengatakan hal ini sudah menjadi keputusan bersama di pusat.

“Harusnya tidak ada potongan bank. Untuk bansos 0 persen. Bansos tidak ada dikenakan apa-apa. Ini kebijakan BI. Kita minta bank support, jangan berikan potongan,” kata Gusti dalam Forum Diskusi Peran Perbankan dalam Pelaksanaan Gerakan Nasional Non Tunai di PIH Hotel, Selasa 12 Desember 2017.

Selain itu, BI juga membuat kebijakan batas atas potongan bank. Hal ini membuat bank berkompetisi. Perbankan berusaha menetapkan potongan yang lebih rendah dari bank lainnya.

Sementara itu, Area Head Bank Mandiri Batam, Brian A Nugroho mengatakan bank plat merah tersebut sudah menjalankan kebijakan BI terkait potongan untuk bansos. Menurutnya, semua transaksi dari pemerintah ke masyarakat dan sebaliknya tidak dikenakan biaya.

“Government to people (pemerintah ke masyarakat) enggak boleh ada potongan. People to government seperti pembayaran pajak juga tidak boleh ada pengenaan biaya 0,01 persen pun. Harus diterima 1 banding 1. Berbeda dengan business to business,” paparnya. (hms)