Saut Situmorang

Wakil Ketua KPK Saut Minta Maaf kepada HMI

JAKARTA — Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang meminta maaf kepada Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Korps Alumni HMI (KAHMI). Permintaan maaf ini terkait pernyataannya yang mengaitkan alumni HMI dengan tindak korupsi dalam acara talk show di sebuah televisi swasta, Kamis (5/5/2016).

“Saya mohon maaf atas pernyataan saya. Sekali lagi, saya mohon maaf atas pernyataan saya,” kata Saut dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Senin (9/5/2016).

Saut mengaku tidak bermaksud menyinggung HMI maupun lembaga lainnya. Ia merasa ada kesalahpahaman atau persepsi.

Untuk itu, KPK akan melakukan pertemuan dengan pengurus HMI untuk menyelesaikan masalah tersebut. Diharapkan, ke depannya, HMI bisa menjadi mitra KPK dalam pemberantasan korupsi.

“Kami (KPK) percaya, HMI sebagai salah satu pergerakan aktivis di Indonesia bisa menjadi mitra dalam upaya pemberantasan korupsi,” ucapnya.

Sementara itu, juru bicara KPK Yuyuk Andriati juga menyatakan, KPK akan mengajak HMI untuk membicarakan masalah tersebut. KPK berharap kesalahpahaman ini dapat segera diselesaikan.

“Kami percaya kesalahpahaman ini bisa segera diakhiri, tentu dengan berkomunikasi satu sama lain,” ucapnya.

Sementara itu puluhan aktivis HMI menggelar aksi demontrasi di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said. PB HMI juga melaporkan mantan Staf Ahli Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Menyikapi aksi kader HMI itu, Saut berharap polemik tentang pernyataannya tidak dilanjutkan. “Pernyataan saya itu keluar dari alam bawah sadar saya. Saya inginnya tidak dilanjuti,” katanya. (eki)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *